Kindly Support Us

Selasa, 11 Desember 2012

Pengertian Bahasa Pemrograman Cobol





COBOL adalah bahasa pemrograman komputer, digunakan oleh orang yang akan memberikan instruksi-instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan persoalan bisnis. karena orientasinya pada suatu masalah, bahasa ini sering disebut juga dengan istilah Problem Oriented Language. COBOL merupakan High Level Language, bahasa awam yang ditulis menggunakan instruksi dalam bahasa inggris.
COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer yang tersedia kompiler COBOLnya. COBOL diciptakan pada tahun 1959.Pengembangan bahasa COBOL selanjutnya dilakukan oleh suatu group yang disebut CODASYL, singkatan dari COnference on DAta SYstem Language.
Bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara resmi atau formal pada bulan Januari 1960. Versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui pada tahun 1965. Bila suatu bahasa komputer tidak standar, dalam arti banyak versinya, maka menyulitkan pemakai untuk menerapkannya, pemakai harus menyesuaikan versi dari COBOL yang dipakai oleh komputer tertentu. Untuk mengatasi masalah hal ini, pada tahun 1968 dan 1974 bahasa COBOL dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut dan distandardisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standards Institute ). ANSI COBOL ini yang sekarang banyak diterapkan oelh sejumlah pabrik-pabrik komputer. Dengan adanya standardisasi, pemakai tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda, karena inti dari bahsa ini sama.
Misalnya untuk komputer mikro, yang menggunakan sistem operasi CP/M atau MS-DOS atau PC-DOS, perusahaan software Microsoft, mengembangkan bahasa COBOL yang disebut dengan COBOL-80 atau MS-COBOL. Walaupun versi dari bahasa COBOL berbeda yaitu COBOL-80 tetapi berdasarkan dari standar ANSI, yaitu yang distandardisasikan pada tahun 1974 (American National Standards Institute Nomer x3.23-1974), sehingga sifatnya standar.
Dengan bahasa COBOL, tinggal menulis instruksi dengan kata bahasa inggris seperti ADD, MOVE, MULTIPLE,READ, WRITE dan sebagainya. Kata-kata yang dipergunakan dalam bahasa COBOL disebut COBOL Reserved Words. Disamping CoBOL reserved words, yang merupakan kata-kata yang sudah ditetapkan oleh bahasa COBOL, yang mempunyai arti tertentu, pemakai bahasa ini dapat membuat sendiri kata-kata ( User Defined Words) untuk mendefinisikan suatu nama tertentu.
Program bahasa COBOL merupakan program terstruktur , yaitu program yang strukturnya jelas, mudah dibaca, dan mudah dipelajari, dan baik untuk dokumentasi.

Dalam program bahasa Cobol terdiri 4 Divisi di dalam nya ,Antar lain :
1.IDENTIFICATION DIVISION.
2.Environtment DIVISION.
3.DATA DIVISION.
4.PROCEDURE DIVISION.

penjelasan :


@. IDENTIFICATION DIVISION : untuk pengidentifikasian pembuat program ,tanggal pembuatan,dllHarus ada didalam program, tetapi isinya tidak mempengaruhi jalannya/ proses dari program.
Terdiri dari : Judul divisi
Paragraph
Paragraph mengandung entry

@ENVIRONNENT DIVISION : untuk informasi keadaan komputeryang dipakai.
Terdiri dari 2 section yaitu : - Configuration section = Berisi informasi mengenai komputer yang digunakan.
- Input - Output section =Berisi mengenai peralatan - peralatan yg digunakan untuk memproses file yang Terdiri dari : Judul divisi
2 section
Section yg terdiri dari paragraph
Paragraph yang berisi entry
Entry yang berisi clause
@DATA DIVISION : untuk informasi mengenai bentuk dan jenis data yang digunakan.

DATA DIVISION Terdiri dari : - File Section
- Working-Storage Section
- Screen Section
- Linkage Section
- Report Section

* FILE SECTION
Berisi mengenai file yg akan digunkan.Yaitu data mengenai: -nama file
-nama record dalam file
-jenjang dari data item didalam record
-ukuran panjang dan tipe dari masing - masing file

* STORAGE SECTION (optional)
Ada bilamana diperlukan pemesanan tempat untuk data proses &
output. Data yang ada disini BUKAN data external. ( Data external =
data dari luar program, misalnya data dari disket, atau tape )

* SECTION (optional)
Yaitu untuk mendefinisikan bentuk dari layar input / output
* SECTION (optional)
Yaitu untuk menerangkan bahwa suatu file mempunyai hubungan
dengan file lain.Atau suatu program berhubungan dgn program yg lain.
* REPORT SECTION (optional)
Untuk menggambarkan bentuk laporan yg akan dicetak. Digunakan
apabila ada file "Report-writer"nya.

DATA DIVISION terdiri dari : - Judul divisi
- Beberapa section
- Paragraph
- Entry
- Clause
- Phrase
@PROCEDURE DIVISION : untuk memuat procedure pemrosesan data. Berisi paragraph - paragraph yang terdiri dari instruksi untuk pelaksanaan program.


sumber
http://ilfen-share.blogspot.com/2012/12/pengertian-bahasa-pemrograman-cobol.html

3 komentar:

thanks for comments

Recent Comments