Kindly Support Us

Selasa, 29 Januari 2013

Memperbaiki dan Merawat Komputer yang Melambat dan sering Hangs

Kali ini saya akan memberi cara untuk memperbaiki  komputer atau laptop yang  Melambat , hangs dan juga suka error. Banyak masalah yang bisa membuat komputer lelet atau sering hangs, oleh karena itu anda harus mencoba beberapa cara untuk memperbaikinya. ada beberapa cara dasar yang harus anda lakukan untuk mengatasi komputer yang lelet dan hangs. seperti biasa trik berikut tanpa menggunakan software lagi.

berikut cara-caranya

1. Defragment file di komputer. fragmented file terjaddi saat suatu file tersimpan di beberapa tempat di hard drive . ini menyebabkan kerja komputer jadi lelet karena  komputer harus mencari di beberapa tempat untuk mengakses fragmented file. untuk itu kita hanya tinggal menjalankan defragment berikut caranya

- klik "start" => "all programs" => Accesories => "System tool" => "disk defragment"



2. ini cara yang paling simpel dan semua orang mungkin sudah tau, caranya dengan task manager. pada saat komputer berhenti atau crash anda bisa membuka task manager caranya klik "Ctrl" + "Alt" + "Del" di keyboard. maka akan daftar program yang ngebuat crash atau hangs. tinggal klik program tersebut lalu klik End proses.


3. membersihkan data yang ada di hardisk , kalo komputer lelet dari biasanya . karena hard disk yang hampir penuh bakal nurunin kecepatan komputer secara signifikan. hapus file yang udah ga di gunain lagi atau di pindahin. atau bisa juga menggunakan "disk cleanup" berikut cara menjalankannya
- klik "start" => "all programs" => Accesories => "System tool" => "disk cleanup"
daftar file bakal muncul di kotak dialog,  tinggal piih data/ file yang ingin di delete setelah itu klik tombol ok.


4 lalu yang paling penting adalah scan komputer dari untuk virus berbahaya. virus dapat menyebabkan komputer jadi hangs dan lelet bahkan ngerusak file yang ada di dalamnya. untuk itu gunakan antivirus yang ampuh karena ga semua antivirus bisa menghapus virus yang berbahaya .

5. perbaiki disk error, disk erorr dapat menyebabkan komputer hang dan lelet. untukmemperbaikinya tinggal klik kanan pada hardisk yang mau di perbaiki, lalu pilih "properties", klik tab "tools" dan klik tombol "Check now" . lalu klik tombol "start" maka program tersebut akan langsung scan hardisk dan memperbaiki disk error yang di temukan



note :
back up semua data jika komputer sering hang , untuk back up data bisa lewat hardisk atau cd atau media penyimpanan data lainnya.
dan jangan sering menggunakan tombol power untuk Reboot komputer , ini bakal ngeganggu kerja OS.
semoga cara2 tersebut berguna, dan jangan lupa untuk like fanpage facebook kami untuk mendapatkan  artikel baru dari ilfen.

thanks and keep visiting.


10 komentar:

thanks for comments

Recent Comments