Kindly Support Us

Selasa, 21 Mei 2013

Toko Oline sarana berbelanja modern

Duduk depan komputer, akses ke internet, cari kebutuhan Anda disalah satu situs jual-beli online, sepakat dengan penjual, transfer uang, barang dalam pengiriman, dan tidak lama barang datang ke rumah Anda. Tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang Anda inginkan.
Yah itulah keunggulan dari situs jual-beli Online, pembeli dan penjual sama-sama “dimanjakan”. Tapi bagaimana dengan keamanan dalam melakukan transaksi? Nah disinilah letak kekurangan jual-beli Online, masih riskan dengan penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Salah satu contoh kasus penipuannya seperti ini,

Contoh Kasus

Dari Facebook toko bagus beralamat Facebook.com/tokobagus

penipuan: saya di tipu, saya kemaren membeli BB torch 9800 dan sudah mentransfer sejumlah Rp.800.000,- Ke BRI dengan NO REK 530601012007534 AN. RICKY EDISYAH PUTRA dengan nomor HP 0857 6086 8349 setelah uang di tranfer HP tidak aktif dan barang pun tidak di trima, saya sangat kecewa steleh belanja OL di situs tokobagus.com.

Kesimpulan :
sebenarnya toko bagus hanya menyediakan tempat untuk mempertemukan pembeli dan penjual. toko bagus sendri tidak menjual barang, jadi tidak sepenuhnya kesalahan toko bagus. karena si korban mengirim uang berdasarkan kesepakatan pemesan dan penyedia barang itu sendiri.
saran saya anda harus mengetahui alamat dan data dari si penyedia barang. bahkan bila perlu anda meminta jaminan kepada si korba. dan jika anda masih tidak percaya minta COD (cast on delivery)  dengan si penjual, cara ini sangat aman karena kita bertemu dengan si penjual langsung. 


Tahap - tahap melakukan penjualan online (http://www.tokobagus.com)

Beberapa hal yang harus diingat dalam pemasangan iklan di Tokobagus.com adalah sebagai berikut :

o Login
Cukup klik “Pasang Iklan Gratis” untuk memulai pemasangan iklan. (Anda harus menjadi member untuk pemasangan iklan).




o Pasang Iklan
o Silahkan anda isi form untuk iklan anda, sesuai dengan produk yang anda jual, mulai dari katagori, Judul iklan, harga, kondisi dan keterangan singkat produk.
o Klik “tambah foto”, untuk meng-upload foto produk Anda.
o Lewati form promopoin, jika Anda tidak mempunyai poin.
o Klik “Simpan”
o Setelah itu, tunggu moderasi iklan dari pihak tokobagus (3-6jam).
o Jika iklan berhasil melewati Moderasi Iklan (quality control) dan disetujui oleh pihak tokobagus untuk ditayangkan, maka sekarang iklan Anda sudah dibisa dilihat disitus http://www.tokobagus.com







Keamanan untuk melakukan pembayaran

Tips Bagi Pembeli

1. Anda harus menjadi member untuk dapat menghubungi pemasang iklan baik melalui email maupun telepon. Tokobagus menjamin sepenuhnya privasi anda.
2. Mintalah informasi yang jelas mengenai produk atau barang yang dijual, seperti kondisi barang, harga, cara pembayaran dan cara pengiriman barang.
3. Khusus untuk penjual yang berada diluar kota, sebaiknya anda memverifikasi identitas penjual (KTP dan SIM). Kenapa harus SIM dan KTP? Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa kedua ID itu cocok (bisa juga di cocokkan dengan no rek si penjual). Apabila si penjual adalah perusahaan, kami menyarankan anda untuk meminta konfirmasi data perusahaan terutama SIUP dan NPWP.
4. Khusus untuk barang second hand yang dijual oleh perorangan, kami menyarankan anda untuk meminta bantuan rekan anda yang berdomisili di kota penjual untuk memverifikkasi barang tersebut cocok seperti apa yang ditawarkan kepada anda.
5. Anda harus meminta kepada si penjual untuk mendemokan barangnya kepada orang yang anda tunjuk sebagai representasi anda di kota tersebut. Jadi jangan melakukan transaksi apapun sebelum ada konfirmasi dari representasi anda bahwa barang tersebut memang cocok menurut kriteria anda.
6. Jika si penjual meminta sejumlah uang muka agar di transfer melalui rekening banknya, sebelum mengirim uang mohon terlebih dahulu untuk meminta foto copy KTP, SIM dan No rekening si penjual dan lakukan verifikasi ke tiga dokumen tersebut apakah asli satu dengan yang lainnya.
7. Apabila semuanya sudah OK, baru anda bisa melakukan transfer uang kepada si penjual melalui bank ternama atau melalui orang yang anda percayai di kota tersebut.
8. Extra hati-hati, jika iklan si penjual mengandung janji-janji yang terlalu muluk atau berlebihan (jangan mudah terpancing !). Jika ada, mintalah garansi atau bukti pembelian secara tertulis dari penjual.
9. Jika memungkinkan hindari metode transaksi dengan cara melakukan transfer uang melalui bank dan memilih metode konvensional Ada Barang Ada Uang.
10. Pastikan anda bertransaksi di lokasi yang aman.

Tips Bagi Penjual

1. Anda bisa menjadi "Verified Member" untuk informasi lebih lengkap klik disini.
2. Pastikan iklan barang atau jasa yang anda pasang memberikan informasi yang lengkap sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli.
3. Untuk pembayaran tidak tunai, pastikan uangnya telah cair atau masuk ke rekening anda sebelum anda memberikan barang kepada si pembeli.
4. Jika memungkinkan peragakan pemakaian barang yang anda jual dan pastikan pembeli telah memeriksa kondisi barang tersebut agar tidak terjadi komplain setelahnya.
5. Jika anda memberikan garansi, pastikan bahwa pembeli telah mengerti syarat-syaratnya dan ruang lingkup garansi tersebut agar tidak terjadi salah pengertian.
6. Khusus untuk anda yang menitipkan barang di courier sesuai kesepakatan dengan pembeli, yakinkan bahwa barang yang akan anda titipkan berstatus aman. Masa penitipan barang sebaiknya tidak lebih dari 12 jam kerja pada jasa courier tersebut.
7. Pastikan anda bertranskasi di lokasi yang aman.


Tips Berbelanja Online (http://tekno.okezone.net)

1. Periksa kredibilitas toko online
Tidak semua toko online dikelola secara profesional. Beberapa diantaranya bahkan hanya berniat menipu. Tanyakan kepada teman yang sudah berpengalaman atau mencari review toko online melalui internet

2. Selalu cari penawaran terbaik
Pastikan untuk mencari alternatif toko online lain sebelum Anda melakukan transaksi. Membandingkan harga akan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Sebisanya, cari toko online yang menawarkan diskon.

3. Gunakan kupon atau voucher saat berbelanja online
Biasanya, pemilik toko online akan mengenakan biaya pengiriman. Dengan kupon atau voucher setidaknya Anda akan mendapatkan potongan atau terbebas sama sekali dari biaya kirim.

4. Teliti tentang adanya potongan harga atau sale
Periksa adanya penawaran-penawaran khusus. Menjadi member toko online bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan diskon lebih besar.

5. Cari toko online yang menawarkan biaya kirim gratis
Seperti telah disebutkan sebelumnya, umumnya toko online akan membebankan biaya kirim atas barang yang Anda beli. Menghemat biaya kirim akan semakin signifikan jika Anda berbelanja dalam jumlah banyak. Akhirnya, luangkan waktu untuk melakukan riset. Dengan cara ini Anda akan semakin berhemat dan puas karena mendapatkan penawaran dan kualitas terbaik.

2 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus
  2. masih ragu ah buat belanja online

    BalasHapus

thanks for comments

Recent Comments