Facebook
Pengertian facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring
sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang
dimiliki dan dioperasikan olehFacebook, Inc. [3] Pada
Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari
separuhnya menggunakan peralatan bergerak.[4]Pengguna harus
mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat
membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan,
termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain
itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang
sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau
ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini
berasal dari nama bukuyang
diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak
administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa
mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu
komputer Eduardo Saverin, Dustin
Moskovitzdan Chris Hughes.[6] Keanggotaan
situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas
ke perguruan lain di Boston, Ivy League,
dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk
siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia
minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan
Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook
dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan
situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari
2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak
digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.[8] Entertainment Weekly menempatkannya di
daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana
caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja
kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabuloussebelum Facebook
diciptakan?" Quantcast memperkirakan
Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011.[10] MenurutSocial
Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat
memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai
turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika
Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash,
pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua.
Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip
dengan Hot or Not, dan menggunakan
"foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama,
menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih
yang mana yang paling seksi".
Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook
di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian
jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada
waktu itu tidak memiliki "buku wajah"
(direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450
pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup
kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard.
Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta,
dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman
tersebut dibatalkan.[16] Zuckerberg
memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan
studi sosial untuk menghadapi ujian finalsejarah seni, dengan
mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya,
dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs
tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode
untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh
editorial The Harvard Crimson tentang insiden
Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook"
yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior
Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler
Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja
mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring
sosial bernama HarvardConnection.com, sementara
ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan.[19] Ketiganya
mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah
investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg
yang akhirnya diselesaikan.[20]
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard
College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa
sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.[21] Eduardo
Saverin (pebisnis), Dustin
Moskovitz (programer), Andrew
McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan
Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004,
Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.
Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston,Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa
universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada
musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker,
yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden
perusahaan.[25] Bulan
Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.[22] Perusahaan
ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[26] Perusahaan
ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com
pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
Pengguna aktif[N
1]
|
|||
Tanggal
|
Pengguna
(juta) |
Jeda hari
|
Pertumbuhan bulanan[N 2]
|
26 Agustus 2008
|
100
|
1.665
|
178.38%
|
8 April 2009
|
200
|
225
|
13.33%
|
15 September 2009
|
300
|
160
|
9.38%
|
5 Februari 2010
|
400
|
143
|
6.99%
|
21 Juli 2010
|
500
|
166
|
4.52%
|
5 Januari 2011
|
600
|
168
|
3.57%
|
30 Mei 2011
|
700
|
145
|
3.45%
|
22 September 2011
|
800[
|
115
|
3.73%
|
24 April 2012
|
900[36]
|
215
|
1.74%
|
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada
September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada
waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.[]Facebook
kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah
perusahaan, termasukApple Inc. dan Microsoft. Facebook
kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13
tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka
telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan
Facebook nilai sebesar $15 milyar.[42] Pembelian
oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di
Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan
membuka kantor pusat internasional di Dublin,
IrlandiaBulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus
kas positif untuk pertama kalinya.] Bulan
November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta,
nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkaneBay secara tipis)
dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook
telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah
pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus
sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan,
termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian
dari upayanya mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah
ke kantor barunya, bekas kampur Sun
Microsystems di Menlo Park, California.
Statistik DoubleClick memperlihatkan
bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan
menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu
diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam
peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan
Desember 2011, Facebook adalah situs web yang paling banyak diakses kedua di
Amerika Serikat.
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center,
sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan
Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook
membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar.
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee
yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.
Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum
perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per
lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum
baru terbesar sepanjang sejarah.Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22%
saham Facebook dan 57% hak suara.]IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan
menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika
Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha
tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor
baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator
dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai
menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook
yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham
KELEBIHAN
1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2. No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4. Group,di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya.
8. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2. No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4. Group,di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya.
8. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11.Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang
mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa
dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan
account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita
harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan
CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita
dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12.Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13.Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar
14.Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15.Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.
12.Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13.Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar
14.Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15.Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.
KEKURANGAN
walau facebook sepertinya memiliki kesempurnaan dalam
kecanggihan sosial networknya, masih ada kekurangan didalam facebook, seperti
makin banyaknya pengguna Facebook dan juga masih ada plagiat disana sini,
seperti memberi nama sama dengan artis, foto yang di unduh sama, sehingga kita
tidak tahu mana orang itu yang asli dan mana yang bukan,
Mudah sekali orang lain mengambil foto kita dan Foto yang diupload atau download adalah foto-foto porno, sehingga dengan mudah dan bebasnya orang yang menggunakan Facebook dengan niat yang negatif dengan mudah dia melakukannya di Facebook ini
Ajang menjatuhkan orang, gosip maksudnya, atau hinaan lewat komen jika si pengguna salah dalam menggunakannya, begitu terbukanya TimeLine Beranda didalam Facebook bisa semakin rentangnya keamanan privasi yang kita miliki.
Mudah sekali orang lain mengambil foto kita dan Foto yang diupload atau download adalah foto-foto porno, sehingga dengan mudah dan bebasnya orang yang menggunakan Facebook dengan niat yang negatif dengan mudah dia melakukannya di Facebook ini
Ajang menjatuhkan orang, gosip maksudnya, atau hinaan lewat komen jika si pengguna salah dalam menggunakannya, begitu terbukanya TimeLine Beranda didalam Facebook bisa semakin rentangnya keamanan privasi yang kita miliki.
sumber
suka sekali dengan penjelasan Anda
BalasHapusfacebook itu unik, sejarahnya menarik dan saya pribadi tertarik untuk menjadi pengguna facebook, baik untuk sekedar bersosialisasi maupun berjualan jasa like.
BalasHapus